Dekorasi Interior atau Desain Interior. Samakah?


Sering bingung antara istilah desain interior dan dekorasi interior? Sama atau berbedakah keduanya? Yuk, ketahui lebih jauh melalui artikel ini!

Bisa jadi Anda suatu hari Anda merasa jenuh atau merasa ada yang salah dengan suasana dalam rumah, kemudian terbesit di benak Anda untuk memperbaiki beberapa bagian rumah. Tidak hanya karena merasa jenuh, terkadang perbaikan rumah bukanlah sebuah pilihan, namun sebuah keharusan. Seperti perbaikan kamar mandi yang terasa terlalu pengap dan lantai yang terlalu licin, atau bagian dapur yang tidak memiliki ventilasi yang cukup. Hal-hal seperti demikian tidak hanya membuat estetika rumah Anda terganggu, namun juga kenyamanan dan keselamatan Anda berada di dalamnya. Untuk tetap dapat merasa nyaman berada di istana Anda, perbaikan minor atau major terkadang memang diperlukan. Anda hanya perlu memantapkan diri dan materi untuk membuat sedikit rombakan di rumah Anda.

Setelah niat Anda mantap untuk “menyulap” hunian Anda, Anda lalu dihadapkan oleh pertanyaan “apa yang harus saya ubah? Bagian desain interior, atau dekorasi interior?” Anda perlu mengetahui jawaban dari kedua pertanyaan tersebut dengan pasti agar tak salah langkah. Jangan sampai Anda ingin merenovasi sekat untuk ruang tamu, namun yang Anda hubungi adalah ahli dekorasi interior. Begitupun jika Anda ingin sekadar merubah layout dan tampilan visual kamar tidur, jangan sampai Anda salah menghubungi sang ahli. 

Dari sedikit gambaran di atas, kini diketahui bahwa meskipun serupa,  ternyata mendesain dan mendekorasi interior rumah adalah dua pekerjaan yang ternyata sangat berbeda.
Pertama-tama, apa itu desain interior?

Interior desain adalah sebuah bidang profesi yang membutuhkan program pendidikan dan pelatihan formal. Pekerjaan ini biasanya membutuhkan ketelitian dan pemahaman akan jenis-jenis material, teori warna, Teknik menggambar, space planning, desain furnitur, arsitektur, dan lain-lain. Software computer sejenis AutoCAD pun seringkali digunakan oleh para interior designer dalam melakukan pekerjaannya.

Para interior desainer sangat tepat untuk membantu Anda menyelesaikan permasalahan yang berhubungan dengan perencanaan ruang. Mereka juga dapat membantu Anda merenovasi bentuk ruangan di rumah Anda. Mereka pun tidak hanya mempercantik tampilan interior rumah semata, namun juga meningkatkan fungsi sebuah ruangan. Untuk itu, interior desainer berhubungan erat dan harus selalu berkoordinasi dengan pihak arsitek dan kontraktor agar rencana awal yang telah dibuat dapat terealisasi dengan tepat.
Kalau begitu, apa itu dekorasi interior?

Berbeda dengan desain interior, untuk menjadi seorang ahli dekorasi interior, seseorang tidak perlu menempuh pendidikan dan pelatihan formal atau mendapatkan sertifikasi dari organisasi terkait. Mereka pun biasanya tidak ikut andil dalam proses pembangunan atau perbaikan rumah. Jadi dalam pekerjaannya, mereka tidak perlu berkoordinasi langsung dengan pihak kontraktor. Mereka hanya berfokus pada tampilan permukaan bangunan dan tidak begitu mempersoalkan bagaimana konstruksi bangunannya. Perlu diketahui juga bahwa meskipun tidak diperlukan pelatihan formal untuk menjadi seorang dekorator interior, mereka juga harus memahami teori-teori warna, jenis-jenis material, perencanaan ruang, tata letak ruangan, dan sebagainya.

Jika Anda menginginkan sesuatu yang baru tercipta di rumah Anda tanpa harus mengubah konstruksi bangunan rumah, maka dekorator interior lah yang tepat untuk Anda. Sudah menjadi keahlian mereka untuk memulas bangunan yang jadi, mulai dari membantu menentukan tema, skema warna, pembelian furnitur, dan juga penempatan pemanis ruangan. Karena dekorator interior hanya berfokus pada tampilan visual semata, maka mereka tidak perlu bekerjasama dengan pihak kontraktor, namun para produsen furnitur.

Nah, setelah mengetahui beberapa perbedaan antara desain interior dengan dekorasi interior, kini Anda mungkin sudah paham betul perihal mana yang Anda perlukan. Jika Anda rasa kondisi Anda sesuai dengan lingkup pekerjaan desain interior, maka gunakanlah jasa desain interior, jika yang Anda perlukan hanyalah sedikit pulasan, maka hubungilah dekorator interior pilihan Anda. Karena kebutuhan setiap orang berbeda-beda, tentu tidak ada ketentuan untuk memutuskan bahwa A lebih baik dari B. Semuanya benar-benar bergantung pada kebutuhan dan kondisi diri Anda. Selamat mendekorasi!


Latest


EmoticonEmoticon